laporan PSG part2


BAB 1
PENDAHULUAN
Dalam pelaksanaan Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dilaksanakan Paduan antara Teori dan Praktek dilapangan, yaitu Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) sebagai salah satu rangkainan yang didalamnya merupakan penjabaran oleh direktur Menengah kejuruan, maka SMK Negeri 1 Pinrang telah mengadakan kerja sama dengan berbagai Instansi Pemerintah maupun dunia Usaha Industri sebagai Pasangan dalam pelaksanaan kegiatan ini.

A.LATAR BELAKANG PRAKTEK KERJA INDUSTRI
    Prakerin yang biasa disebut PSG (Pendidikan Sistem Ganda) memiliki arti yaitu melakukan pendidikan secara Ganda dimana memadukan program pendidikan di sekolah dan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan bekerja langsung di dunia Kerja, yang terarah untuk mencapai suatu tingkat keahlian profesional tertentu.
Adapun pelaksanaan Prakerin didasarkan pada ketentuan-ketentuan yang tertuang dalam :
A.  Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah No.511/C.C4/MM/1999.Tentang pelaksanaan Kurikulum surat edaran SMK edisi tahun 1999 (Hasil Penyempurnaan) yang antara lain mengatakan :
a.   Paket keahlian Produktif dilaksanakan di Industri atau sebagian di sekolah dan waktu Pendidikan Sistem Ganda (PSG) minimal 3 bulan kerja, mengikuti seminggu dan jam kerja Industri






B.   Kurikulum tahun 2001, bahwa setiap siswa wajib melaksanakan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN), karena Prakerin termasuk salah satu kelompok mata pelajaran, oleh karena itu SMK Negeri 1 Pinrang melaksanakan Program ini di berbagai Dunia Usaha, baik pada Perusahaan jasa, Industri maupun didalam maupun diluar

B. TUJUAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
     Zaman Sekarang ini modal membangun sebuah bangsa menjadi bangsa yang tidak terbelakang IPTEK (Ilmu Pengetahuan & Teknologi ) tanpa IPTEK sebuah bangsa tidak akan maju, apalagi bangsa kita pernah dijajah oleh beberapa negara selama kurang lebih 350 tahun atau 3,5 Abad.Oleh karena itu Pemerintah kita selalu mencari cara untuk bangkit dari ketinggalan selama ini dan salah satunya dengan perkembangan IPTEK yang tidak bisa dipandang sebelah mata oleh Negara lain yang merupakan hasil Cipta anak Bangsa. IPTEK tidak hanya didapatkan disekolah, tetapi juga diluar sekolah misalnya, dari media-media Visual maupun Audiovisual.
     Bagi Siwa-siswi SMK, salah satu tujuan diadakannya PRAKERIN ini adlah untuk mengembangkan ilmu yang telah di dapatkan di sekolah dan bisa mengetahui secara langsung bagaimana situasi di lapangan kerja. Oleh karena itu Pihak-pihak sekolah berupaya  mencari tempat-tempat yang dapat membantu seluruh siswa mengembangkan pengetahuannya. Kegiatan ini dilakukan guna mendukung pelaksanaan Praktek kerja Industri (PRAKERIN) dalam rangka line and match dimana sekolah Menengah Kejuruan  (SMK) bekerja sama dengan Usaha atau Industri untuk meningkatkan kualitas Lulusan SMK sebagai sumber Daya Manusia yang handal dan profesional.




SMK Negeri 1 Pinrang adalah sekolah yang mengajarkan bisnis dan manajemen, selalu berusaha meningkatkan kualitas, kuantitas dan keprofesionalan siswa-siswinya dimana Visinya adalah :
“ Menjadi Lembaga Pendidikan yang unggul dan kompetitif dibidang bisnis, pariwisata dan tekhnologi “
Oleh karena itu, pihak-pihak SMK Negeri 1 Pinrang ini memberikan kesempatan kepada anak didik mereka untuk mengembangkan kemampuannya dengan pelaksanaan PRAKERIN ini, salah satu contohnya penulis yang telah mengadakan Prektek Kerja Industri di Kantor Telkom Pinrang.

Adapun tujuan diadakan PRAKERIn ini adalah sebagai berikut :
Tujuan Umum :
a.   Memberikan Kesempatan kepada Siswa-siswi agar mampu beradaptasi dengan lingkungan Kerja, khususnya yang sesuai dengan bidang kejuruan yang di tekuni.
b.   Menghasilkan calon tenaga kerja sesuai keahlian yang handal dan profesional yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan, ketermpilan dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja.
c.    Memperkokoh Link and Match antara sekolah dengan dunia kerja
d.   Memberikan pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan.
e.   Tujuan Khusus :
f.     Untuk mencari keselarasan yang telah didapatkan disekolah dengan kenyataan dilapangan
g.   Menerapkan ilmu-ilmu yang didapat disekolah
h.   Menambah/memperluas wawasan akan bidangnya masing-masing





i.      Membandingkan teori-teori yang diperoleh dibangku sekolah dengan kenyataan langsung dilapangan
j.     Memperoleh pengalaman kerja
k.   Sebagai salah satu syarat kelulusan untuk melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi

0 komentar:

Posting Komentar